Minggu, 22 Maret 2015

SOTO AYAM

Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuning-kuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu. Soto ayam banyak ditemukan di daerah-daerah di Indonesia dan Singapura. Selain ayam bahan yang digunakan juga meliputi  telur rebus, irisan kentang, daun seledri, serta bawang
goreng. Terkadang soto juga disajikan dengan lontong atau nasi putih. Selain itu soto ayam juga sering dihidangkan dengan sambal, kerupuk dan koya (campuran tumbukan kerupuk dengan bawang putih).

Adapun Resep Pembuatanya adalah sebagai berikut :

Bahan :

500 gr Ayam kampung, potong menjadi beberapa bagian, lumuri dengan garam diamkan selama 10 menit, kemudian cuci bersih
2 buah wortel potong-potong bulat rebus
2 batang seledri (dirajang halus)
Bawang goreng
Air untuk merebus

Bumbu Kaldu

2 batang daun bawang tali simpul
2 batang seledri tali simpul
2 sdt merica bubuk
1 sdt pala bubuk
1 ruas laos digeprek
1 ruas jahe digeprek
5 cm batang kayu manis
3 lbr daun salam
1 batang sereh digeprek
Garam, gula, kaldu bubuk instan



Bumbu halus:

3 butir kemiri
3 siung bawang putih
1 sdm minyak goreng untuk menumis


Cara Membuat Sop Ayam:


Proses pertama- Rebus air dalam panci kira-kira hingga ayam terendam seluruhnya tunggu hingga mendidih, kemudian masukkan ayam ke dalam air rebusan, rebus kurang lebih selama 30-45 menit dengan api sedang. Proses ini untuk menghilangkan lemak pada ayam karena kita menginginkan kuah yang bening dan tidak berminyak.
Proses kedua- Ganti air dengan yang baru panaskan hingga mendidih kemudian masukkan ayam ke dalam air rebusan, masak dengan api sedang, tunggu hingga menjadi kaldu kemudian masukkan bumbu seledri, daun bawang, pala, kayu manis, jahe, laos, salam, sereh, merica bubuk, garam, gula dan kaldu bubuk instan. Terakhir baru masukkan wortel.
Tumis bumbu halus kemudian masukkan kedalam rebusan sop ayam
Cara penyajian - Pecok-pecok (potong) daging ayam hingga menjadi bagian yang lebih kecil tata di dalam mangkuk taburi dengan dau seledri dan bawang goreng, kemudian siram dengan kuah kaldu panas.



Sajikan dengan nasi dan pelengkap perkedel, tempe goreng, kerupuk dan sambal.

0 komentar:

Posting Komentar