Jumat, 13 Maret 2015

PERAWATAN BUAH SALAK PONDOH

Setelah kemarin kita membahas tentang penanaman bibit salak dan perawatanya, kali ini kita akan bicara tentang perwatang terhadap buah salak itu sendiri, khususnya buah salak yang akan segera siap dipetik .Berikut ini beberapa perawatan umum yang biasa kami pake untuk merawat buah salak supaya kualitas buah salak maksimal.






Langkah pertama, luangkanlah waktu untuk membersihkan tangkai daun salak yang menutupi buahnya dan bersihkan serabut - serabut yang ada pada buah salak .Jadi nantinya saat memetik sudah tidak perlu dibersihkan lagi.
Perlu di ingat dalam membersihkan tangkai daun salak harus sangat berhati-hati karena terdapat duri-duri yang sangat tajam seperti jarum. gunakan sarung tangan kulit yang tebal untuk menghindari tertusuknya tangan kita dari duri salak.





Kedua, apabila buah salak terlalu berat untuk menjaganya agar tidak jatuh sebelum matang .Maka sebaiknya ikat buah salak dengan tali rafia atau tali tambang agar kuat menahan buah salak.









Ketiga, bersihkan tanaman atau calon tunas tunas sekitar buah salak.Tujuannya agar pertumbuhan buah salak lebih dominan dan tidak tergangu pertumbuhan tanaman disekitarnya , khususnya tergangu pertumbuhan tunas. Dan untuk menghindari hama tikus sebaiknya bungkus buah salak dengan kantong-kantong bekas yang sudah tidak terpakai supaya menghemat biaya.

sekian semoga dapat bermanfaat bagi kita semua para petani salak senior maupun yang baru belajar


TERIMAKASIH




2 komentar: